Tambal talang bocor

Waduh cuaca sekarang ekstrim banget, kadang gak ada angin gak ada kopi tiba-tiba hujan. Mana di tembok keliatan ada yang merembes lagi, huft …. pusing kalo punya rumah yang sudah berumur, maunya poles kanan poles kiri.

Talang seng bisa menjadi momok besar bagi rumah yang sudah berumur. Hal ini terjadi akibat korosi selama bertahun-tahun dan akhirnya air bisa balapan masuk ke rumah kita (bocor). Hal ini bisa kita cegah sedini mungkin, caranya: Misal Anda baru beli rumah, kebetulan konstruksinya merupakan bangunan lama, sebelum pindah ke rumah baru sebaiknya Anda cek dulu talang rumah.

Apakah talang tersebut terbuat dari seng atau karpet. Kalau dari seng, cek apakah sengnya sudah terkena korosi, seberapa parahkah?? atau jangan-jangan pemilik lama rajin merawat rumah sehingga Anda tidak perlu lagi untuk cek kanan kiri untuk memastikan kelayakan rumah yang Anda akan tinggali. Kalau talang tersebut sudah “terjangkit” korosi yang parah, jang sekali-kali Anda menginjaknya kalau Anda tidak ingin rumah Anda jadi kolam renang. Anda cat terlebih dahulu dengan cat dasar untuk besi baru Anda lapisi pakai “noDrop”, “Aqua proof” dan sejenisnya 3-4 lapis. Dengan begitu Anda akan aman dari kebocoran selama 2 tahunan. kalo pengen lebih lama lagi sebaiknya Anda ganti dengan talang seng baru dan Anda cat/lapisi dengan cat pelindung untuk bahan besi. Wah kalau talnagnya terbuat dari karpet gimana dong? he he he, kalo talangnya sudah berumur jangan menginjaknya karena talang Anda akan hancur berkeping-keping. Kalau untung talang jenis ini sebaiknya Anda ganti semua atau menambal bagian yang bocor dengan “noDrop” 3-4 lapis. Maka Anda akan aman dari kebocoran untuk beberapa waktu.


  1. rubi

    kebetulan nih, talang rumah ku juga lagi bocor. Nasib

  2. kebetulan di rumah lagi bocor juga. Thx infonya

  3. wah wah. makasih bngt infonya. bener2, talang sy bocor pdhl udah coba gaya jadul (stereoform+bensin) tp msh ada remebesan juga. saya akan coba pake “nodrop” (engineering d ktr juga sarankan itu). makasih banget infonya ya. sukses trs




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: