Warna Cat Ruangan

Ngomong-ngomong masalah warna rumah, pertama kali yang ada dipikiran kita adalah gimana biar warna rumah yang kita tempat-en bisa membuat kita rileks, nyaman dan menggairahkan saat bekerja. Warna merupakan hal penting selain bentuk dalam sebuah bangunan, tiap warna mempunyai makna dan energi sendiri-sendiri. Pemilihan warna sangat penting karena apabila Anda salah memilih warna untuk pengecatan ruangan rumah Anda bisa merasa tidak nyaman, bahkan bisa selalu marah-marah akibat energi warna dalam ruangan Anda.

Pemilihan warna sangat tergantung dari sifat dan pekerjaan pemilik rumah. Bilamana anda memilih warna yang lebih konservatif dan bukan warna berani, maka pilihlah beberapa variasi terang dan gelap pada warna yang sama. Misalnya memilih hijau tua dan hijau muda, dimana warna tersebut disebut sebagai warna monokromatik. Kalau Anda ingin kesan rumah/ruangan yang kalem warna biru muda, yang merupakan kombinasi dari warna biru laut dan biru langit bisa Anda gunakan.

//————-Salah satu majalah tentang rumah punya artikel seperti ini:

Arti Sebuah Warna oleh: Rasantika M. Seta Arti Sebuah Warna oleh: Rasantika M. Seta

Baru saja saya berjalan-jalan di internet. Semula tujuannya sekadar mencari konsep desain web yang menarik buat pengunjung web. Pengunjung web yang saya maksud itu, Anda tentunya. Beberapa kali saya memasukkan kata “desain web” ke dalam search engine google, baik dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Hasilnya, sudah pasti banyak web ditampilkan oleh google. Hasil penelususan mesin pencari ini antara lain membawa saya ke sebuah artikel tentang warna. Menarik, isi artikel itu. Warna, dalam artikel yang saya baca tadi, memiliki berbagai macam arti, tergantung dari mana sudut pandangnya. Misalnya soal warna biru. Teori dasar warna, banyak yang mengartikan biru sebagai warna yang menenangkan dan menyejukkan. Membaca tentang arti biru ini, saya jadi teringat kata Ravi Sahgal, General Manager Marketing ICI Paints Indonesia. Ketika melauncing tren warna cat 2010 pada akhir tahun lalu, dia berkata, yang kira-kira isinya begini:

“Tahun 2010 nanti, warna biru akan menjadi warna favorit. Warna ini dipilih karena memiliki efek psikologis yang menenangkan dan menyejukkan. ICI kata Rahvi, memilih warna itu setelah melakukan penelitian yang panjang selama tahun 2009. Alasan penetapan warna biru sebagai warna favorit tahun 2010, kata dia, karena tahun 2010 orang-orang membutuhkan ketenangan setelah tahun sebelumnya terjebak pada rasa stres, antara lain akibat krisis ekonomi dan pemanasan global. Karenanya, biru disebutnya, dapat membuat orang lebih tenang.”

Benar atau tidak ucapan Ravi, perlu dibuktikan pada tahun 2010 ini. Namun, dibalik semua itu, warna memang memiliki efek psikologis bagai mata yang memandangnya. Kalau biru dianggap menenangkan, merah dianggap sebagai warna yang atraktif, enerjik, dan berani. Mmm… jadi ingat juga ya arti warna bendera Republik Indonesia, merahnya berani, putihnya suci. Kalau ditinjau dari sisi psikologi warna, kira-kira begini arti warna-warna itu:

  • Kuning – hangat, bahagia, menyenangkan
  • Biru – dalam, damai, supernatural
  • Hijau – harmonis, alami
  • Putih – harmonis, tenang, bersih, suci
  • Hitam – gelap, tidak jelas, dukacita
  • Merah – cerah, percaya diri, hidup, berani
  • Oranye – cerah, serius, sehat.

Nah, itu antara lain arti warna kalau dilihat dari sisi psikologisnya. Kalau ditinjau dari unsur ideologi, politik, sosial, dan budaya, artinya bisa lebih luas lagi. Bahkan, arti satu warna pada satu negara, bisa jadi bertolak belakang dengan negara lain. Misalnya hitam. Di Amerika, hitam banyak dipakai sebagai simbol duka cita. Kalau di Jepang, dipakai untuk melambangkan kehormatan. Merah di negara barat diartikan sebagai warna cinta dan bahaya, di India diartikan sebagai warna yang suci, di Cina menjadi warna keberuntungan, di Afrika Selatan sebagai warna berkabung.

Bagaimana di Indonesia?

//—————Kira-kira begitu artikelnya.


  1. Numpang lewat sob. artikelnya bagus




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: