Bata Hebel ???

Baru-baru ini kita sering dengar kata-kata hebel sebagai pengganti bata, sebenarnya saya waktu petama kali dengar kata hebel saya berpikir bhwa kata hebel adalah sebutan toko bangunan. Setelah barang yang dipesan kakak saya datang baru saya tahu apa itu hebel, he he he keliatan begonya nih. Menurut tukang bangunan orang yang merenovasi rumah kakak saya, penggunaan hebel sangat bagus, selain ringan, kuat dan pengerjaannya gampang kalo dihitung-hitung secara itung-itungan orang bangunan ongkos pengerjaan proyek renovasi jatuhnya lebih murah. Memang sih material hebel harganya jauh lebih mahal daripada bata. Sekarang disini akan saya ilustrasikan fakta antara hebel dan bata.

Ukuran batu bata biasanya 25 x 12 x 4,5 cm atau lebih kecil beberapa centi. Sedangkan hebel ukuran lazimnya 20 x 60 x 10 cm atau tebalnya dapat lebih kecil sedikit.Dalam penggunanan bata sebagai penutup dinding biasa digunakan kurang lebih sekitar 85 buah.Sedang untuk hebel rata- rata digunakan sebanyak 8,5 buah. Apabila dilihat dari segi harga untuk satu buah batu bata berkisar Rp 375,- / buahnya.Untuk hebel Rp 650.000,- /m3. Sehingga harga satuan rata-rata Rp. 6.500,- / buah. Sehingga dalam 1m2 untuk batu bata besar biaya Rp 375,- x 85 = Rp. 31.875,- ( perkiraan ). Dan untuk Hebel dalam 1m2 adalah Rp. 6.500,- x 8,5 = Rp. 55.250,- ( perkiraan ).

Dari ilustrasi diatas perbedaan harga material hebel dan bata dalam pembuatan lantai ukuran 1m2 kurang lebih 18ribu rupiah, eiiiit tunggu dulu memangnya dalam pengerjaan lantai cuma hebel atau beton saja yang diperlukan?? Tentunya semen dan waktu ngaci juga harus diperhatikan, dilihat dari penggunaan semen hebel lebih sedikit dibanding bata kalau semen yang dibutuhkan sedikit tentunya ukuran waktu dan duit juga berkurang dong? Dari perhitungan diatas material semen yang dibutuhkan untuk pemasangan bata dengan luas 1 hebel diperlukan kurang lebih 3x lebih banyak dibanding hebel. Waktu pengerjaannya kurang lebih 3x kali lebih cepat dibanding mengunakan bata. Jadi kalo kita hitung ulang penggunaan hebel jauh lebih efektif dibanding dengan batu bata biasa (bukannya promosi en hebel loh…. hi hi).

Hebel logo

Referensi:

http://www.hebel.co.id/2009/06/memilih-produk-beton-ringan-yang-baik/

http://www.bangun-rumah.com/batu_bata_hebel.php


  1. mau tanya nih untuk ukuran dinding 3 sisi seperti Leter U sisi kiri kanan
    1. panjang 3 mtr x 2 (kiri & kanan) dgn tinggi 3 mtr
    2. panjang 6 mtr x 1 (Tengah) dgn tinggi 3 mtr
    perincian biaya dan kebutuhan nya kira kira berapa ya??. bisa minta tolong dibantu terima kasih

    • Untuk biaya hebel aja per m2 kira2 Rp. 55.250,-. Kalau luasan diding pak heru kira2 18 m2 , jadi dana untuk beli hebel aja kira2 18×55.250 = Rp 994.500,-. Untuk biaya pengerjaan, kalau tidak diplester kira2 2-5 hari sudah selesai. Asumsi pengerjaan tukang 5 hari x 60.000 = Rp 300.000,-. Semen kira2 1 sak + Pasir 23an ember = 55.000 + 70.000 = Rp 135.000,- . Total perkiraan biaya pembuatan dinding tanpa plester = Rp 994.500,- + Rp 300.000,- + Rp 135.000,- = Rp 1.429.500,-. yah kita bulatkan 1,5 juta . Yah kira2 begitu pak estimasinya. kalau ada kesalahan tolong dikoreksi.

  2. hedia

    yang mas heru tanya persis dengan apa yg akan saya bangun. 3 dinding, yg dua dinding ukuran 3X3 m. yg satu dinding 6X3 m.
    Berarti :
    2 X ( 3X3 ) = 18m2
    1 X ( 6X3 ) = 18m2
    total : 32m2. Kalau menurut bapak di tulis diatas u/ menggunakan hebel /1m2-nya : Rp. 55.250;-
    Berarti total biaya u/ bangun dinding saja : 32m2 X 55.250 = 1.768.000;-.
    Terus pak sekalian saya mau tanya u/ biaya bangun pondasinya u/ ukuran yg diatas berapa yaa??
    Terima kasih.

    • Untuk daerah jawa umumnya pondasi untuk 1 lantai bangunan berkedalaman 60cm – 100cm, tapi tergantung dari jenis tanah dan keadaan alam tempat yg akan didirikan bangunan pak. Untuk dinding yg akan bpk buat berarti panjang pondasinya 12m = 2xdiding (3×3)+1xdinding (6×3). Volume cor2an pondasi 4,62m3. Volume pasir 0,48m3. Besar biaya untuk peletakan batu pondasi saja Rp 1.150.000,- pak udah termasuk estimasi kerja mandor n tukang n semua material untuk pembuatan pondasi (ongkos penggalian lain cerita). Semoga bermanfaat pak.

  3. santoso

    mau tanya, saya mau bangun rumah dengan luas tanah panjang 20m lebar 15 m saya mau tinggi tembok pagar 3m. dan untuk lantai 2 kurang lebih 50m2 untuk daknya. tolong berapa yang harus di keluarkan biayanya terima kasih

  4. ninuk

    mas mohon bantuannya, kalau untuk luas 19.5m2 (3×6.5m) tapi 2 lantai dan dak diganti lantai hebel juga(lantai 1=19.5m2 dan lantai 2=19.5m2),kira2 total biaya berapa ya?
    trims

    • Ya tinggal ngaliin aja mbak, 19.5x2xRp 55.250,- = Rp 2.154.750,- itu perkiraan untuk biaya hebel aja, belom yang laen ex:ndodol bangunan lama, bikin tulang cor, trus ngecor nya juga perlu biaya. belom lg kalo tukangna suka ngopi … he he he, semoga bermanfaat mbak, klo salah mohon di kritik. trims.

  5. Kapantouw

    Dear

    Saya sedang membangun rumah tinggal 2 lantai, daerah tanjung duren, jakarta barat

    Fax. 021-5308472

    Regards
    E.Kapantouw

  6. sasongko

    setahu saya hebel mempunyai ketebalan 7,5;10;dan 12,5 kalau kita menggunakan hebel dengan masing2 ukuran tersebut berapa ketebalan tembok jadinya?kemudian untuk plesteran apakah dianjurkan pake MU saja dan berapa tebal plesteran menggunakan MU?trimakasih

    • Dimesi ketebalan hebel klo dari manufacturernya dari ukuran 7,5 – 20cm (kelipatan 2,5cm) untuk blok. Untuk ketebalan tembok tinggal kita tambah aja sama ketebalan plasteran. Plesteran yang terlalu tebal ± 3 cm menyebabkan pengerjaan yang sempurna sulit diperoleh, karena akibat grafitasi semakin besar pada adukan, volume yang besar dan permukaan yang luas memberikan peluang yang semakin besar bagi terjadinya keretakan. Acian (campuran semen dan air) terlalu tebal juga menyebabkan keretakan. Tebal acian yang baik adalah 0,5 mm sampai dengan 1 mm. Tembok yang diplester harus dibasahi dengan sikat untuk menghilangkan debu dan meratakan penghisapan dari pasangan tembok, kemudian diberikan lapisan kamprotan dengan tebal 2 mm – 3 mm, setelah itu diberi lapisan plesteran maksimum 10 mm, terakhir lapisan acian. Tebal plesteran beserta acian tidak boleh lebih dari 1,3 cm. Klo acian + plesteran tebalnya 1,3 cm tinggal dikali 2 trus ditambah tebal blok hebel yg kita pake. Klo dlm contoh ini (tebal 10 cm) tebal tembok adalah 12,6 cm. Perhitungan untuk sekedar referensi bisa di cek disini.

  7. gun

    saya rencana bagun rumah ukuran tanah 10×12. ukuran bangunan 9×10, sy msh bingung pake batako atau hebel….(tolong saran). kalo bisa estimasi hitungan biaya sekalian biaR MANTAP….. terima kasih.

  8. amalbrill

    terima kasih infonya sangat bermanfaat..

    saya kebetulan mau meninggikan tembok/pagar belakang rumah, sekarang sudah ada 2m tingginya, pinginnya ditinggiin 1m lagi. gara-gara nanya ke tukang kira-kira habisnya berapa kalau borongan, eh dijawab 5jt, saya jadi pingin bangun sendiri..
    mohon petunjuk, kalau lebar tembok 6m, mau saya tinggikan 1m lagi,
    1.kira-kira habis berapa ya total seluruh bahannya?
    (maaf bukannya malas berhitung, cuma takut salah)
    2.perlu menambah tulang cor/tidak?
    3.kalau misal saya kerjakan sendiri, (saya belum punya pengalaman) kira-kira bisa/tidak?
    4.apakah hebel dan semen instan (MU) saja sudah cukup atau ada bahan lain yang diperlukan untuk membangun tembok?

    maaf kalau banyak pertanyaannya..
    terimakasih

  9. Dede

    Kalau Hebel ukuranya 20x60x10 dan 1 m^3 harganya 650ribu maka perbuah harganya Rp.7800 bukan 6500. Kan 1m^3 tidak terdiri dari 100 buah hebel, coba deh hitung lagi volume perbuahnya. jadinya per meter persegi biaya hebel Rp.66300 bukan Rp.55250.

  10. indra

    saya mau renovasi rumah, rencananya mau 2 lantai.
    kira2 untuk coran 1m2 berapa biayanya? trimakasih bantuannya

    • di hitung dulu volume per m3 nya, baru bisa dihitung berapa biaya yang dibutuhkan, termasuk di dalamnya besi/baja tulang/rangka cor, ketebalan cor yang dikehendaki berapa.

  11. Willy

    Saya mau bangun rumah 2lt uk. untuk dinding 63,14m3, bisa minta dijelaskan perbandingan biaya klau pake bata merah sama hebel,trims
    nb:dan klau ga salah skrng sdh ada bata ibrick,klau bisa sekalian ya,he he ….

  12. seno

    saya mau nanya untuk bangun kamar luas 6 m x 5 m habis hebel berpa bh?tq

  13. nana

    saya lagi bangun rumah rencananya mau pake hebel, yang ingin sy tanyakan:
    1. volume 586.50m2 kira2 berapa hebel yg diperlukan serta biayanya.
    2. Apa keuntungan dgn menggunakan hebel
    3. Apabila menggunakan hebel apakah msh perlu pengacian & plesteran.
    atas jawabannya diucapkan terima kasih.

  14. richard hendrik

    Saya mau merenovasi rumah satu lantai menjadi 2 lantai. Luas lantai ke dua sebesar +/- 40 m2. apakah bata hebel memiliki lantai dan tiang beton kalau ada ukuranya berapa dan harga/bh nya berapa? dengan luas seperti yg saya inginkan kira2 biaya yg perlu saya siapkan berapa banyak? terimakasih

  15. Rama

    Saya mao tanya bahan2 dan komposisi bata hebel ini , bisa kirim ke Rama_bknzgamer@yahoo.com

  16. ۩|AaliyaJ۩|

    ada ga produk hebel untuk bentangan antar kolom sepanjang 4.2 m? kalau ada kira-kira berapa ya harga jg lebar and tebalnya?

  17. Benny

    Dear Hebel,

    Saya mau membuat dapur dengan atap DAK (cor beton), dengan luasan 4×3 m2. Dapur dibuat di sudut lokasi tanah kosong, dimana sudah terdapat 2 sisi pagar bata/batako setinggi 2,5m (struktur kolom/slope) perlu dicek kekuatannya dan sisi ke-3 menumpang pada dinding luar bangunan utama. Sehingga praktis bagian dinding yang belum terbangun hanya satu bagian. Tinggi bangunan diperkirakan 3.5m mengikuti tinggi bangunan utama.

    Saya mau tanya apakah dinsing lama masih bisa dipergunakan, atau dikombinasikan atau dibongkar untuk mendapatkan bangunan dengan struktur yang baik.

    Selain itu dengan dimensi 4x3x2,5 (bongkar seluruh) berapa besar biaya yang harus disiapkan dan berapa lama waktu pengerjaannya.

    Terimakasih

    Benny S

  18. Paramita

    saya mau mbangun rmh dengan rumah panggung 1 m diatas tanah,bagaimana cara bikin pondasi untuk bentangan lantai jika menggunakan lantai hebel,terimakasih

  19. Maryono

    Saya mau merenovasi dapur dengan DAK cor . Dengan luas 3×4 m, berapa estimasi biaya DAK lantai nya saja. Terus, bagaimana cara memasang cakar ayam pada dinding yang tidak dibongkar (tiga sisi/tiga dinding) sedangkan saya bermaksud membuat satu sisi dinding baru. Apakah mempengaruhi kekuatan DAK cor tersebut ?

  20. luthfi

    dear,
    mohon bantuannya bos, saya ingn menambah ruangan sedikit utk kamar persis diatas plafon lantai 1 rumah dgn ukuran 3mx2mx3m. Menggunakan hebel, kira2 berapa biaya keseluruhannya. Oh iya rumah saya sama sekali blm ada fomdasi cakar ayamnya..he..he..maklum BTN. Di tolong bgt ya bos. Makasih banyak sebelunya

  21. magen

    Pak saya mau renovasi rumah saya untuk dapunya dengan ukuran sebagai berikut :
    Lebar dinding7 meter panjang dinding yang satu sisi 4 meter dan yang satunya lagi 3 meter . sekerang dinding yang sudah ada tingginya 2 meter saya tambah 1,5 Meter intik kedua sisinya ,saya mohon perincian batu hebel yang saya butuhkan untuk merenovasinya seta biayanya termasuk semen ,oasir . mohon bantuanya untuk perhitunganya , terimakasih , Saya tunggu balasa dari bapak

    Dari
    Pak magen . Depok

  22. saya ingin membuat tembok rumah ukuran 4 x 11 cm kira-kira membutuhkan biaya secara keseluruhan berapa?terimakasih

  23. sammy

    pak saya lagi enovasi rumah luas latai 44.5 m2

    *adakah minimum order untuk volume ?
    * lantai hebel brp M3 yang saya butuhkan?
    mohon bantuan nya .

    terimakasih .

    Shalom . JBU

  24. Jaya Kimia

    Sebuah toko kimia di Surabaya yang menjual:

    • Bahan- Bahan Fiber Glass {Resin, Catalist, Cobalt, Mat, WR, DLL} ﹑

    • Pasta Sablon Rubber Color & White ﹑

    • Pasta Sablon NF﹑

    • Pasta Tinta Warna Kertas & Plastik ﹑

    • Alumunium Pasta ﹑

    • Pigment Sablon Water Base ﹑

    • Binder﹑

    • Mirror Glaze {WAX} ﹑

    • Non Terpin ﹑

    • Lycal 1011 ﹑

    • Silicone Emulsion {Semir Ban}﹑

    • Silicone Rubber {Silicone Cetak}﹑

    • Silicone Oil ﹑

    • Glitter ﹑

    • Bubuk Mutiara Bunglon ﹑

    • Bubuk Mutiara Silver ﹑

    • Kaneka ﹑

    • Bronze Powder {Bubuk Mas} ﹑

    • DOP ﹑

    • M3 & M4 ﹑

    • Phosfor ﹑

    • Effect Pigments ﹑

    • Xilarix ﹑

    • Pembersih Rumah Tangga ﹑

    • Keperluan Laundry ﹑

    Dan Lain – lain

    ————————————————


    Ngagel Jaya Kimia / Jaya Kimia
    JL. Ngagel Jaya Selatan 95
    (samping supermarket BILKA)
    Surabaya

    Coordinates : 7°17’37″S 112°45’21″E

    Telephone ☎ : 031 – 60 31 70 07

    http://www.facebook.com/jayakimia

    Partai & Eceran.
    Melayani juga pengiriman ke Luar Kota & Luar Pulau..

    NB: Minimal pengiriman bahan cair ke Luar Pulau, 35KG.

  25. Wawan Budiman

    Mohon bantuannya pak kalo saya punya tanah 210m2 mau dibikin benteng sekelilingnya berarati 210m2 * 55.250 = 11 jt an lebih betul ngga




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: